23th ANNIVERSARY TOPASS CCB

Memperingati Milad TOPASS CCB yang ke 23
Menanam 99 Pohon di Lingkungan Suaka Elang Loji Cigombong Kabupaten Bogor

Sudah menjadi tradisi Topass sejak berdiri pada 5 oktober 1993 dengan kegiatan yang menitik beratkan pada bakti sosial tematis kecintaaan terhadap lingkungan. Pelbagai kegiatan Go Green kampanye bersepeda, sosialisasi Penyelamatan lingkungan mulai dari pembuatan lubang biopori, menanam pohon, membersihkan sungai dan lingkungan serta memberikan santunan, merupakan program pokok dari komunitas terlama di Bogor ini. Perayaan ini mendapat dukungan dan support dari BLH Kabupaten Bogor dan BKP5K Kabupaten Bogor serta sahabat pecinta sepeda baraya Topass dan Radar Bogor.
Milad tahun ini, Topass CCB melaksanakan Perkemahan Sepeda Konservasi di Suaka Elang Loji Cigombong Kabupaten Bogor. Landskap yang cocok bagi semua pecinta alam untuk menikmati perkemahan dengan alam yang asri dan tenang. Fasilitas cukup memadai di tengah-tengah rindangnya pohon pinus dengan ketersediaan toliet, kamar mandi bersih dan lingkungan alami.
Untuk pecinta trekking, lokasi ini dapat dijangkau oleh semua kalangan, perjalanan yang tidak terlalu jauh, jarak tempuh 1 KM hanya 15 menit dari tempat parkir bisa sampai di lokasi Bumi Perkemahan. Bawa sepeda pun dapat digowes melalui trek batu dan tanah serta jalan setapak melalui persawahan. Selain lokasi perkemahan, juga kita bisa menikmati curug Cibadak yang sejuk dengan jarak tempuh kurang lebih 1 KM, treknya sesuai bagi pemula, hanya 15 menit dari pos perkemahan.
Setelah berkemah, pagi yang cerah di hari Minggu (30/10/2016), topasser melaksanakan Reboisasi, penananam Pohon di Lingkungan SDN SINDANGLAYA dan PESANTREN RIYADHUSSHIBYAN serta masyarakan Loji.
Sambutan masyarakat sangat antusias, sehingga 99 pohon dari beraneka pohon keras dan buah-buahan menjadi primadona untuk ditanam. Jumlah 99 mengambil filosofi dari ajaran Ilahi Asma al-Husna, dengan harapan 99 Nama-nama Allaoh Swt yang baik ini menjadi ruh bagi peserta penanam.
Menanam pohon merupakan sodaqoh bagi kemanusiaan, multiguna manfaat dari kegiatan menanam ini, kesadaran dan kepedulian terhadap alam yang diamanahkan kepada manusia sebagai khalifah di bumi, harus disyukuri dengan sepenuh hati dan jiwa.
Kegiatan menanam sangat diapresiasi oleh BLH, dalam sambutannya perwakilan dari BLH Kabupaten Bogor menyampaikan :”kegiatan Topass ini merupakan kegiatan yang sangat positif, tahun kemarin membuat lubang biopori, saat ini menanam, inilah sedekah tak terkira dari sedekah lainnya, karena dari 1 pohon dengan ketinggian 1,5 m itu cukup untuk memberikan oksigen bagi 2 orang manusia. Menanam pohon yang hasilnya dijadikan kehidupan bagi manusia, burung adalah benilai sodaqoh”. Demikian sambutan bapak Ade.
Kegiatan tidak semata tertumpu pada penanaman pohon, juga dilaksanakan santunan bagi anak yatim, bantuan buku-buku dan alat tulis dan Al-Qur’an khususnya bagi siswa di SDN Sindanglaya dan Pontren.
“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan berkesinambungan, bukan hanya tahunan tapi setiap saat, dimana seluruh topasser harus punya rasa memiliki (sense of belonging),rasa memikirkan (sense of thingking) dan rasa mencintai (sense of loving) terhadap alam, sehingga akan terwujud hubungan yang harmonis antara manusia, alam dan lingkungannya, sehingga tidak terjadi kerusakan, bencana yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. Di hulu kami menanam, di hilir kami menikmati. Di hulu dialih fungsikan lahan, maka semuanya terkena bencana. Moto Topass, Dengan Bersepeda Mari Kita Jalin Keramahan terhadap Sesama dan Lingkungan. Cycling 4 Better Life, semuanya harus diniatkan sebagai ibadah, maka kita akan mendapatkan ridhoNya”. Demikian sambutan Muhtar Fatwa, ketua umum TOPASS CCB.

Categories: Komunitas sepeda, Sepeda | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: