PETUALANGAN DI GOALPARA SUKABUMI

Hari Ahad (17/4/2016) Topas Ilubiung jadi Pamilon MTB GOALPARA CHALENGE di PTP VIII Gunung Pangrango. Medan Penuh tantangan dengan pangjang rute 15 KM yang harus ditempuh maksimal durasi 4 jam. Acara yang juga dalam rangka HUT SILIWANGI ke 70 diawali dengan seremonial prakata dari Inohong unsur MUSPIDA Kab Sukabumi sekaligus penanaman pohon di area  perkebunan.

350 peserta Gowesser se Jabar Banten termasuk 52  orang Topasser  ikut terlibat pada ajang ini yang juga menjalin tali kasih shilaturahim sesama penggemar olahraga ngaboseh mulai dari kelas atlet sampai newbie berbaur menjajal terjal dan curamnya single trek yang hampir didominasi jalanan makadam nan licin dan tanah merah dengan jurang disisi kanan yang memacu adrenalin.

Bike Point Ciawi

Bike Point Ciawi

Kronologi My Trip My Cycling Adventure TOPASS

Sabtu (16/4/2016) 41 Topasser sudah berkumpul di tikum Ciawi Patung Maung lebih awal dari jadwal jam 9. Jam 8an dengan penuh antusias para petualang sepeda sudah siap-siap, biasanya pada molor waktu, saat ini mereka benar-benar on time (tah kudu kitu salawasna; ulah hanyang ditungguaan, era atuh). Setelah berdoa mulailah …  ngagowes ? bukan ! cari truk kosong. Dan alhamdulillah ada truk pasir ke Cimangkok Sukabumi yang langsung membawa peserta ke Sukabumi. Perjalanan yang sangat ripuh di mobil sebagian penumpang pada mabok, biasa naik kendaraan ber AC ini dikasih truk berpasir walau ber AG (Angin Gelebug). Sampai di MAKODIM 0607 jam 13an, sekaligus istirahat, sholat Dhuhur dan makan siang.

tidak terlupakan, tidak terlewatkan

tidak terlupakan, tidak terlewatkan

Jam 15.30. Setelah sholat Ashar Topasser berangkat menuju Perkebunan Goal Para yang berjarak 9 KM dan 100% tanjakan. Dengan Gueden Pak Bambang Kodim dikawal ambulance dan sirene, asa jadi pejabat teras. Karena malu dan takut jatuh reputasi sebagai pesepeda kolot, nggak ada matador (Manggih Tanjakan Dorong alias TTB).

Jam 18.00, Di Perkebunan sudah disediakan Tenda Camp. Karena Banyak Nyamuk akhirnya kita putuskan istirahat dan tidur di GOR, ngabarak siga pengungsi imigran. Malam semakin dingin dan tiris, yang pake sleeping bag saja nggak bisa tidur apalagi yang bawa spring bad. Udara pegunungan yang tiris sampai menembus sumsum. Ditambah gelak tawa para gaplehers yang memecah keheningan malam, asa di pasar malam. Lagu dangdut terus berkumandang bersahutan dengan pop sunda diselingi murottal. Malam semakin dingin, akhirnya banyak yang keluar bikin api unggun sambil menikmati teh panas, bandrek, bajigur dan kopi. Sebagian ada yang tidur di mushola, lebih hangat dan tampaknya bisa benar-benar sare.

Registrasi ulang

Registrasi ulang

IMG_4427

IMG_4428

Jam 4.30, setelah sholat Subuh dan cari sarapan mulai dari Nasi Uduk, Goreng-gorengan, Mie Rebus dll. Tersedia.

Jam 07.30, Upacara seremonial sepatah dua patah dan tiga patah kata bla-bla-bla …….. start.

Topass CCB bersama jajaran KODIM 0607 Sukabumi

Topass CCB bersama jajaran KODIM 0607 Sukabumi

Menanam pohon

Menanam pohon

Start awal langsung dihadapkan jalan tanjakan batu single trek susah ngaboseh jalanan macet kaya ada lampu merah. Biasa kalau ditanjakan jalan cukup satu sepeda ada yang jatuh atawa matador tea, ya efek domino yang belakang mah ngikut jadi TTB.

ngaleut ngeukeuy ngabandaleut ngembat ngembat stang giant

ngaleut ngeukeuy ngabandaleut ngembat ngembat stang giant

antri doongg !

antri doongg !

View indah dibuang sayang

View indah dibuang sayang

Single trek yang benar-benar berat, yang biasa Fun Bike di Jakarta mah benar-benar tersiksa.  Trek ini lebih berat dibanding NURA maupun JPG.  Trek awal tanjakan makadam licin yang baru diguyur hujan, dilanjutkan jalan tanah dan rumput yang memeras stamina, bagi yang jam terbangnya tinggi masih bisa digowes dengan gear tinggi (RD 3; FD 7+). Trek semakin menantang dengan jalanan hutan yang penuh akar (seperti trek bodogol) dan turunan tajam (trek downhill  Sebex). Trek Variatif memerlukan endurance dan kemahiran di atas sadel memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan dan akan membuat iri gowesser yang lain.

Beberapa orang banyak yang jadi korban berjatuhan mulai dari ngacleng, nyuksruk, nyungseb dan beberapa diantaranya dihisap darah lintah pacet.

Kunaon kang Udin ? Nyuksruk euy. Hebatt atuh pura-pura labuh. Puguh labuh beneran, era aing.

Kunaon kang Udin ? Nyuksruk euy. Hebatt atuh pura-pura labuh. Puguh labuh beneran, era aing.

12.00. 99% gosesser dapat finish dengan selamat, parade band mah tidak menarik dan cape. Saat pengundian doorprize baru cenghar deui berharap dapat doorprize haadiah utama Sepeda motor. Alhamdulillah Topasser banyak yang dapat hadiah juga bisa memboyong sepeda ke Bogor.

14.00 Topasser pamit pulang ke Bogor…………

sepeda hanya sarana, yang paling penting adalah jalinan shilaturahimnya. lain tidak.

Categories: Komunitas sepeda | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: