SPIRIT DESEMBER

Akhir Nopember 2013, Topass CCB berpartisifasi dalam Festival Hijau & Aksi Hijau Kota Bogor bersama Forum Komunitas Hijau Kota Bogor dengan tajuk Green Life for Future. Kegiatan yang juga dihadiri oleh Kang Bima Arya ini menguatkan statement bersama untuk menciftakan dan memelihara keindahan Kota Bogor yang Sejuk Asri dan Hijau melalui aksi kebersihan, menanam pohon,  jalan sehat dan bersepeda.  Kegiatan yang melibatkan semua unsur masyarakat Bogor ini disambut antusias dengan kehendak bersama memulai kebersihan dan perilaku sehat hijau di lingkungan masing-masing.

Mejeng Dulu diper3an Sentul-Cipayung-Bukit Pelangi

Mejeng Dulu diper3an Sentul-Cipayung-Bukit Pelangi

1/12/2013. Sejumlah 20 orang Gowesser TOPASS CCB, mengawali tour Bulan Desember ini dengan kunjungan ke Jerman. Tidak tanggung-tanggung ke ‘Jerman’. Tentu saja tidak sampai ke negara Jerman, cukup berkunjung ke kuburannya saja.  Kuburan Jerman atau kuburan Nazi ini terletak di Gunung Arca Domas termasuk wilayah Kabupaten Bogor. Menuju Situs ini gampang-gampang susah, gampangnya jalanan yang dilalui aspal mulus 100%, susahnya ? tanjakan yang terus menerus dengan elevasi rata-rata 35 derajat membuat beberapa gowesser TTB bahkan tidak sedikit yang eureun-eureunan, beberapa orang kram. Sehingga perjalanan yang hanya berjarak 8 KM ini ditempuh tidak kurang dari 2,5 jam, yang idealnya cukup 1 jam perjalanan. Ketinggian antara 900-1025 dpl dengan suhu cuaca 29 derajat C. Cuaca yang sangat bersahabat saat matahari masih malu-malu menampakkan diri sejak pagi sampai jam 10.

Start jam 7.30 dari Patung Maung Ciawi, ini juga batas toleransi 30 menit dari kesepakatan jam 7 pas. Dengan diawali do’a bersama sejumlah 20 orang berangkatlah rombongan menuju kuburan jerman dengan meninggalkan 7 orang yang menurut informasi masih diperjalanan sekitar Sukasari.

Route kali ini setelah start dari Patung Maung Ciawi melewati Gadog yang kalau pagi belum terlalu macet, dari perempatanan Gadog belok kanan menuju Pasir Muncang dengan tanjakan yang landai tapi panjang sampai bike point pertigaan Mega Mendung.  Setelah semua pasukan berkumpul, perjalanan dilanjutkan melalui Sukamanah dan Cikopo Selatan, selanjutnya di sub terminal Cikopo belok kanan lurus via Pesantren. Jalanan dengan tanjakan yang panjang dan jurang curam namun view yang indah membuat adrenalin terpacu dengan sensasi yang luar biasa.

Inilah tadabur alam sekaligus mensyukuri kebesaran Sang Pencifta, sehingga memberikan ketenangan jiwa melupakan sejenak persoalan hidup dan kehidupan yang penuh kericuhan di jantung-jantung kota sehingga membuat keruh fikiran dan kotornya hati. Oksigen yang bersih dan melimpah mengisi paru-paru dan keringat yang keluar membuang toksin tubuh sehingga oksidasi dan metabolisme tubuh dirasakan kesegaran membuat spirit hidup bergairah kembali.

Sampailah di kuburan Jerman, dengan suasana teduh dan indah membuat rehat di gunung ini terasa pas.  Pertanyaan Gowesser sama : “ Naha jeung kunaon eta urang Jerman los-los aya didieu jeung maot ngadon dikubur oge didieu, kabayang  jaman baheula mah ieu teh leuweung ganggong simagonggong….. ?

Memang tidak banyak yang tahu tentang makam ini. Sejarawan Jerman, Herwig Zahorka pernah menulis keberadaan makam dalam sejumlah artikel.

Menurutnya, dulu ada kakak beradik Jerman bernama Emil dan Theodor Hellferich membeli tanah di Sukaresmi seluas 900 hektar dan membangun perkebunan teh. Pada tahun 1926, mereka membangun tugu untuk mengenang teman-temannya yang gugur dalam PD I.

Selama membangun perkebunan teh, banyak orang Jerman lain yang bergabung dengan mereka. Ada dokter, insinyur, tukang kayu, seniman dan lain-lain. Helfferich bersaudara kembali ke Jerman pada tahun 1928 dan perkebunan teh diurus oleh Albert Vehring.

Kemudian pada 1939, Perang Dunia II meletus. Adolf Hitler yang didukung Partai Nazi menyatakan perang. Jepang yang menjadi sekutu Jerman berhasil menaklukkan Belanda pada 1943. Tentara Jerman masuk lagi ke Jawa bersama Jepang. Tentara Adolf Hitler yang ikut masuk adalah Angkatan Laut Nazi Jerman (Kriegsmarine) dari armada kapal selam (U-Boot) U-195 dan U-196. Mereka mengambil alih lagi kebun teh di Sukaresmi.

Seperti dicatat sejarah, Jerman dan Jepang kalah dalam Perang Dunia II. Para tentara Jerman ini pun gugur satu persatu, dan 10 di antaranya dimakamkan di Megamendung. Mereka adalah:

1. Letnan Friederich Steinfeld, meninggal karena disentri dalam tawanan pasukan sekutu
2. Letnan Satu Laut Willi Schlummer, dan
3. Letnan Insinyur Wilhelm Jens, keduanya gugur di tangan pejuang kemerdekaan Indonesia pada 1945 karena disangka tentara Belanda
4. Letnan Laut W Martens, terbunuh dalam perjalanan kereta api Jakarta-Bogor
5. Kopral Satu Willi Petschow, meninggal karena sakit di perkebunan teh mereka
6. Letnan Kapten Herman Tangermann meninggal karena kecelakaan
7. Dr Heinz Haake
8. Eduard Onnen
9 & 10. Dua makam ‘Unbekannt’ atau tanpa nama.

Tah kitu ceuk nu nyaho mah. Jadi maranehna kadieu teh lain rek neangan nomer togel. Caagg ah.

FUN BIKE GRATIS !

Minggu  8 Des 13 di Grand Opening OCBC NISP Menara Gading  Jl RayaBarat Boulevard Blok XC. Pendaftaran Gratis Bonus Jersey, Handuk, minuman, snack dan doorprize : Motor Piaggio, Honda Revo, TV Samsung, HP Samsung, Paket Data, Voucher dll.

Pendaftaran Terbatas di OCBC NISP Kelapa Gading / Sunter atai hub. tiket Box 081380370340

FUN BIKE HARRIS DAY 2013 Tiket  Rp 25.000. Hari Minggu 8 Des 2013 di Hotel Harris & Convention  Jl PETA  241 Pasir Koja Bandung mulai jam 06.00 – 11.00 Wib. Doorprize : ke Bali Gratis, Sepeda, Voucher dll. Tempat Pendaftaran : Gd. Indonesia Menggugat Jl Perintis Kemerdekaan 5 Bandung (Viaduct) Telp 022 76157629 / 085223071822. http://www.harrishotels.com

Rencana TOPASS Tahun Baruan 2014 ka Cianjur. Semalam di Cianjur.

Categories: Komunitas sepeda | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: