Gunung Pancar Hambalang Memanjakan Pesepeda

 

Bogor dengan demografi lembah bukit dan gunung memberikan view yang menkajubkan, bukan hanya view, namun bagaimana merasakan berada di lembah dengan barisan pinus dan hamparan rumput ilalang serta sungai yang bernuansa memacu adrenalin saat dituruni dengan kecepatan sepeda ngadiuss… wusss ! asyikk. Atau saat nanjak menuju puncak bukit atau gunung dengan stamina yang dikuras sekaligus membuang toxin tubuh lewat keringat. Suara ngos-ngosan dengan tubuh mempertahankan tetap berada di atas  sepeda … kepala pening disinari terik matahari, muka memerah dengan kilauan tetesan keringat yang melewati mulut terasa asin, mata nanar sampai berkunang-kunang, tangan terasa baal kebas dan tentu saja paha betis terasa pegal ditambah lagi selangkangan mulai terasa baal sampai kesemutan dan kram. Namun, itu semuanya hanya merupakan seni berjuang untuk mencapai puncak tujuan. Sampai ditujuan hanya kepuasan dan kebahagiaan yang dirasakan. Badan dimanjakan dengan angin natural yang semilir mengembalikan kesegaran tubuh, mata dimanjakan dengan view tanpa batas untuk menilik sepenggal keindahan alam anugrah Allah Swt.  Istirahat sampai tertidur atau bercengkrama dengan sohib melupakan sejenak persoalan alias problema kehidupan yang tak berujung kecuali oleh maut.

 

Gunung Pancar-Hambalang

Dikalangan gowesser, gunung ini sangat terkenal karena trek Down Hill dan XCnya yang bertaraf internasional. Indonesia pada saat Asean Games memberikan kepingan-kepingan Emas dari Gunung ini melalui cabang Down Hill dan MTB. Bahkan untuk MTBnya semua medali diborong para Xcers kita.

Bahkan bagi para newbie pun gunung ini menyajikan trek yang bisa dilalap semua grade. Lengkap trek ini mulai dari tanjakan aspal, Xc, Downhil dan sebagai bonus bila sudah olahraga ngaboseh ini bisa mandi air panas yang memberikan kesegaran dan mengembalikan stamina kita yang terkuras. Pulang pun bila di gowes murah meriah alias gratis karena ngagoloncong diturunan aspal yang mulus.

Sentul dengan jalur sepedanya (bike line) memberikan rasa aman bagi para gowesser keluarga. Setiap week end selalu diramaikan oleh para pesepeda mulai dari dari anak-anak balita sampai aki-aki  berbaur  pabaliut dengan tujuan masing-masing.

Hambalang yang sekarang terkenal karena  kasus korupsinya yang terkait dengan para inohong tertinggi negeri  ini dengan partai penguasanya pada awalnya hanya merupakan lokasi dengan bukit  dan hutan yang rimbun indah dan sangat dicintai para pecinta alam termasuk gowesser. Jika mau menelusuri Bukit Hambalang ini maka akan didapati trek-trek Xc  yang mumpuni untuk di aprak.

Dari Hambalang bisa dilanjutkan menyusuri beberapa lokasi yang indah seperti ke puncak dua lewat Hanjawar (Tahun Baru 2013 Topass melakukan trip 1 tahun via jalur ini)  Ke Pinus ataupun ke Kota Bunga Cipanas.

Bulan ini Topass akan meng explore trek-trek Hambalang.

Categories: Komunitas sepeda | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: