Lets Joint with us at Lapangan Sempur Bogor on Sunday 06-00

Sesaat sebelum live di MGS-TV Bogor

Sesaat sebelum live di MGS-TV Bogor

Selayang Pandang Komunitas Pesepeda Bogor
TOPASS
Cycling Club Bogor

Siapa yang tak kenal komunitas ini ?. Sikap konfidens ini bukan hanya cerminan anggotanya yang berjumlah ratusan orang namun juga pembuktian khususnya di sekitar Jabodetabek. Senantiasa dan selalu terlibat dalam perhelatan baik lingkup lokal maupun nasional. Event kebugaraan, olahraga dan tentu saja bersepeda terutama sepeda Ceria Gembira alias Fun Bike selalu diikuti oleh anggotanya. Komunitas pesepeda ‘tertua’ yang terbesar dan tersebar di Bogor ini, selain mengikuti event-event bersepeda juga sangat intens dalam pembinaan sosial anggotanya. Menengok anggota yang sakit dan meninggal, menjadi sukarelawan penanganan bencana, menghadiri undangan perhelatan anggotanya menjadikan hal terbiasa pada komunitas ini. Setiap hari Ahad pagi merupakan kewajiban bagi pesepada Bogor khususnya untuk berkumpul shilaturahim di Taman Kencana / Lapangan Sempur Kota Bogor dan mengenal Komunitas Pesepeda TOPASS.

Sejarah Berdirinya
Berdiri pada 05 Oktober 1993 diawali dari segelintir penikmat sepeda di pagi hari yang biasa mengitari di sekitar Istana dan Kebun Raya Bogor. Dari sekadar bertemu dan ngobrol-ngobrol dan kenalan maka menjadi pembiasaan bertemu di tempat yang sama untuk bareng-bareng bersepeda. Pada masa itu bersepeda belum sepopuler sekarang. Pesepeda masih dilirik sebelah mata oleh masyarakat, apalagi booming sepeda motor yang melanda Indonesia dengan sikap hedonisnya banyak yang meninggalkan sarana transportasi bermodalkan dengkul ini.

Visi TOPASS
Saat ini virus gowes telah melanda Indonesia dengan kembalinya sepeda merajai jalanan di setiap kota. Bahkan beberapa kota tersebutlah Bali (yang pertama di Indonesia) membuat jalan khusus pesepeda, kemudian Bandung dan Jakarta. Kegiatan yang direspons positif oleh Pemerintah ini melahirkan satu program pemerintah (khususnya) dengan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan ber BBM).

Di Bogor program Car Free Day yang dimulakan pada bulan Pebruari 2010 ini mendapat antusiasme masyarakat. Setiap hari Ahad mulai pukul 06 – 10, para pejalan kaki dan pesepeda berbaur untuk merajai jalanan, tidak khawatir akan polusi, tidak takut terserempet sepeda motor dan mobil. Mereka ceria di sepanjang jalan Jalak Harupat dan Lapangan Sempur.

Riung mungpulung di lapangan Sempur Bogor

Riung mungpulung di lapangan Sempur Bogor

Perjalanan TOPASS, Anniversary 23th, tetap dengan visi awal yaitu untuk membentuk manusia yang sehat baik jasmani maupun rohani. Bersepeda merupakan sarana menuju sehat tersebut. Bahkan secara globalnya bersepeda merupakan suatu bentuk nyata penyelamatan bumi dari kondisi Global Warming yang diakibatkan oleh kegiatan manusia yang tidak bertanggungjawab.

Merujuk kepada UUD Kesehatan No. 23 Tahun 1992, Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat.

Sarana kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.

Kesehatan menurut WHO : Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

TOPASS Saat Ini
Pada Hari Ahad 23 Mei 2010, TOPASS kembali menorehkan sejarah kepengurusan baru setelah pengunduran diri ketua lama Bapak Abdul Karim yang telah membaktikan dirinya selama 2 tahun 3 bulan. Alasan pengunduran diri ini merupakan hal yang alami guna terjadinya regenerasi. Bertempat di alam terbuka Taman Kencana Bogor, base camp TOPASS. Pemilihan Ketua Baru berjalan secara demokrasi. Maka Dari anggota pemilih yang hadir akhirnya Pak Atma terpilih sebagai Ketua Baru TOPASS didampingi Wakil Ketua Pa Uut.

Pada hari Ahad pula tanggal 3 Juni 2012,  dengan berakhirnya masa kepengurusan TOPASS dibawah pak Atma,  maka terpilih ketua baru TOPASS dibawah komando pak Taufik Zulfikar didampingi pa Karim dan beberapa pengurus dengan formasi baru.

Selanjutnya, pada hari Ahad tanggal 4 Januari 2015 bersamaan dengan milad Topass ke 24 yang juga peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Masih dalam situasi tahun baru dilaksanakan pemilu yang secara aklamasi memilih ketua umum Topass baru Muchtar yang didaulat untuk menakhodai komunitas sepeda terbesar dan terlama di kota Bogor.

Ayo Bersepeda !

Ayo Bersepeda !

Visi Misi utama adalah terjalinnya konsolidasi dan koordinasi anggota. Seluruh kegiatan TOPASS selain merujuk kepada kesehatan jasmani juga rohani. Kegiatan menuju kesehatan jasmani melalui bersepeda dan kesehatan rohani melalui kegiatan keagamaaan dan social dengan berlandaskan asas kekeluargaan yang merupakan ciri khas komunitas ini.

Karakteristik TOPASS
Keanggotaan TOPASS bersifat kekeluargaan, independent but interdependent serta heterogen dan tidak eksklusif. Artinya setiap anggota TOPASS tidak terikat SARA (Suku Ras dan Agama) serta tidak terikat organisasi/partai/golongan politik apapun, juga daerah dan domisili serta pekerjaan. Setiap anggota TOPASS bebas memilih prinsip hidupnya yang terutama adalah bagaimana setiap anggota TOPASS berguna dan bermamfaat bagi lingkungannya, dengan demikian dapat menjunjung tinggi nama baik dan kredibilitas TOPASS. Hal ini tercermin pula dari kaos jersey dengan aneka warna dan sepeda dari jenis apapun.
Anggota TOPASS sampai saat ini berjumlah 300 Orang, tersebar di wilayah Kota/Kabupaten Bogor, Jakarta, Depok, Tanggerang dan Sukabumi.

Kepengurusan TOPASS sejak 1993 (Periode Pioneer) sampai 2014  (Periode Pelanjut) adalah sbb. :

Periode I (1993-1998)
1. Ketua : Bapak Didi S
2. Wakil Ketua : Bapak Sophian
3. Sekretaris : Bapak Djumadi
4. Penasihat : Bapak Yamono
5. Pelindung : Bapak Faishal R (Kapolseta Bogor)
Jumlah Anggota : 150 Orang

Periode II (1998 – 2003)
1. Ketua : Bapak M. Sholeh
2. Wakil Ketua : Bapak Erwin Togar
3. Sekretaris : Bapak Lili Rusmidi
4. Bendahara : Bapak M. Somali
5. Humas : Bapak Yusuf
6. Penasihat : Bapak Didi S
Jumlah Anggota : 215 Orang

Periode III (2003 – 2004)
1. Ketua : Bapak M. Sholeh
2. Wakil Ketua : Bapak Erwin Togar
3. Sekretaris : Bapak Asep S
4. Bendahara : Bapak Mulyadi
5. Humas : Bapak J. Sopian Hadi
6. Penasihat : Bapak Didi S
Jumlah Anggota : 180 Orang

Periode IV (2004 – 2007)
1. Ketua : Bapak Bono
2. Wakil Ketua : Bapak Firman
3. Sekretaris : Bapak Rahmat
4. Bendahara : Bapak Rahmat
5. Humas : Bapak Kurdi
6. Penasihat : Bapak Oo
Jumlah Anggota : 200 Orang

Periode V (2007 – 2010) :
1. Ketua : Bapak Abdul Karim
2. Wakil Ketua : Bapak Azis
3. Sekretaris : Bapak Uci S.
4. Bendahara : Bapak Sunardi
5. Humas : Bapak M. Taufik
6. Penasihat : Bapak H. Suganda
Jumlah Anggota : 250 Orang

Periode VI (2010 – 2012) :
1. Ketua : Bapak Atma Wijaya
2. Wakil Ketua : Bapak Uut
3. Sekretaris : Bapak M. Usman
4. Bendahara : Bapak Lalu
5. Humas : Bapak M. Taufik
6. Penasihat : Bapak H. Suganda
Jumlah Anggota : 300 Orang

Periode VII (2012 – 2014) :
1. Ketua : Bapak Taufik Zulfikar
2. Wakil Ketua : Bapak Abdul Karim
3. Sekretaris : Bapak  Arfan cs
4. Bendahara : Bunda Ima Halimah cs
5. Humas : Bapak Muchtar
6. Bag. Kewanitaan  : Bunda Listriyani
7. Penasihat : Bapak  Atma cs
Pada kepengurusan periode ini dilengkapi pula dengan Korwil.
Jumlah Anggota : 200 orang
 
Periode VIII (2015-2017)
1. Ketua Umum : Muchtar
2. Ketua 1 : Abdul Karim
3. Ketua II : Atma Wijaya
4. Sekretaris : Edi Kosasih
5. Bendahara : H Halimah
6. Marshall : Kapt Jemping, Kapt Nardi cs
7. Pendis : Bandi, Doyok cs
8. Pembina : H Suganda, Taufik Zulfikar
 

Penutup

Terlibat aktif dalam penyelamatan bumi dan menyebarkan serta mensosialisasikan bersepeda bukan hanya sekedar jargon dan pembualan kata-kata. Namun para anggota TOPASS dan pengurusnya telah terlibat aktif tanpa jargon-jargon sesaat sejak 1993.

Kepada para Senior kami di Topass, Kami ucapkan banyak terima kasih atas upaya serta pionaritas dari komunitas ini sehingga eksis sampai dengan saat ini.

Referensi atas tulisan ini 100% dari dan oleh anggota TOPASS, kepada Bapak Erwin, Bapak Mono, Bapak Karim, bapak Atma dan seluruh anggota TOPASS yang tidak bisa diwincik satu persatu kami sangat bereterima kasih atas dedikasinya selama ini sehingga memberikan motivasi serta inspirasi guna melanjutkan visi dan misi penyelamatan alam dan lingkungannya serta memelihara kesehatan manusia melalui wadah ini.

Pasal 106 Ayat (2) UULAJ No. 22 th. 2009 :
Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki dan PESEPEDA !.

Bogor, 01 Pebruari 2015 (Ahad)

Categories: bogor, Komunitas, Komunitas sepeda, MTB, Sepeda, sepeda, sepeda gunung | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Lets Joint with us at Lapangan Sempur Bogor on Sunday 06-00

  1. mohon bantu agar saya bisa ikut gabung dengan topas,

  2. sandie

    mantaps

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: